Internet Marketing Sukses ala Alam

Waktunya Alam untuk Berbagi

  • Mengenai Blog Ini….

    Blog ini adalah blog internet marketing pertama dan satu-satunya Syamsul Alam. Semua yang ingin Alam tulis mengenai Internet Marketing ada di sini. Hihihihi.... Terima kasih atas kunjungannya. Jika ingin berkenalan dengan alam lebih jauh, silahkan ke Personal Blognya saja. Di sini, nih....

  • Status Blog

    Internet Marketing & SEO (Link Building) - TOP.ORG

Memperbaiki Mutu Konten Sebagai Gizi Untuk Menambah Trafik?

Posted by alampintar pada Desember 27, 2008

Memperbaiki Mutu Konten Sebagai Gizi Untuk Menambah Trafik? Yups! Benar sekali…. Memperbaiki konten atau isi dari blog kita adalah cara paling tepat dalam meningkatkan trafik. Menambah trafik itu, selain dari men-submit blog kita ke berbagai search engine, ke berbagai direktori, juga bisa dilakukan dengan cara tekun menulis. Tentu saja bukan sembarang menulis! Namun, menulis dengan kerelevansian yang tinggi dengan judul, menulis dengan tulisan yang memberikan informasi yang benar-benar diinginkan pengunjung, dan menulis dengan suka hati.

Mengapa harus menulis dengan embel-embel di atas? Mengapa harus relevan? Mengapa harus dengan informasi yang diinginkan pengunjung? Mengapa harus dengan suka hati?

Mengenai, mengapa harus relevan…. Akan saya jawab berdasarkan pengalaman saya sebagai pembaca, yah!

Begini, banyak para pemilik blog atau website, yang menghalalkan segala cara untuk meningkatkan trafik di blog atau webnya. Mereka melakukan beragam-cara-cara hitam (SEO blackhat), meliputi hanya menulis keyword yang dimau (ditembak), tanpa adanya informasi yang memadai di bagian isi. Atau, menyisipkan keyword-keyword tertentu di bagian tubuh web mereka, kemudian disamarkan dengan warna web mereka, sehingga tak terlihat oleh pengunjung, namun mereka jadi berada di halaman pertama hasil pencarian.

Cara-cara ‘hitam’ tadi sangatlah memalukan jika harus kita gunakan. Beruntung, kini crawler semakin canggih dan mampu membedakan teknik-teknik licik seperti itu dari teknik yang baik dan jujur. Kemudian, membuang web atau blog para pelaku licik itu ke dalam kategori web spam. Dan, yang lebih beruntung lagi, kita cukup terhormat untuk tak menggunakannya, benar begitu, ‘kan?

Nah, cara-cara hitam di atas ini, mungkin sementara akan menaikkan nilai kita di mata mesin pencari yang tak tahu. Namun, lambat laun. Pengunjung yang tertipu tak akan pernah sudi untuk mengunjungi blog atau web anda lagi. Cara menarik pengunjungnya saja sudah dengan menipu, kok. Apalagi yang punya situs dan program-program di dalamnya, benar tidak?

Jika pengunjungnya cukup pintar seperti saya, saya akan ingat nama website atau blog penipu tersebut. Saya akan masukkan ke parental block (software untuk memblok situs-situs dewasa) saya. Tujuannya, supaya saya tak lagi main ke web atau blog itu lagi. Ini akan menjadi cara yang ampuh untuk membuat jera para pemain licik seperti mereka. Dengan minimnya trafik mereka, lambat laun, tak akan penghasilan bagi mereka. Mereka akan mati dengan sendirinya. Dan, orang baik seperti kita, akan dengan enaknya menikmati dunia internet ini tanpa gangguan!

Nah, dengan uraian cukup pedas di atas, kiranya sudah jelas bahwa membuat pengunjung puas adalah aset super berharga untuk membuat pengunjung kembali lagi ke site atau blog kita. Jadi, mulai sekarang, ayo kita perhatikan kualitas tiap konten kita. Sebenarnya, ada banyak cara meningkatkan trafik, hal ini meliputi.

  1. Menembak keyword (tentunya dengan cara baik dan tanpa merugikan pengunjung)
  2. Membuat tulisan kita orisinil dan unik, sehingga pengunjung mengerti di mana perbedaan kita dibanding yang lain.
  3. Memasarkan blog kita dengan baik di mata penulis lain (meliputi kualitas komentar kita, menjaga diri untuk tidak melakukan spamming, dan lain-lain)
  4. Silaturahmi yang erat antara sesama blogger atau sesama pemilik situs.
  5. Pen-submit-an blog atau website kita ke search engine atau direktori. Hal ini juga meliputi Pengoptimalan blog kita di mata mesin pencari (Search Engine Optimization)
  6. Menjaga agar blog atau situs kita tidak masuk ke blacklist atau daftar hitam para mesin pencari, karena jika hal ini terjadi, asupan visitor akan berhenti masuk.
  7. Dan tentunya, yang paling harus diingat adalah, kualitas konten kita.

Mungkin, cukup ini saja yang bisa saya utarakan. Mengenai yang lain-lainnya ini, mungkin akan saya ulas di lain kesempatan! Jadi, stay tune di “Internet Marketing Sukses ala Alam”!

2 Tanggapan to “Memperbaiki Mutu Konten Sebagai Gizi Untuk Menambah Trafik?”

  1. Wew… sip Mas! Setuju banget!!!

  2. boon_chiet said

    wah… tambah nih ilmu….
    makasih mas atas tulisannya…
    bisa menjadi cermin yang baik.

Tinggalkan komentar