Internet Marketing Sukses ala Alam

Waktunya Alam untuk Berbagi

  • Mengenai Blog Ini….

    Blog ini adalah blog internet marketing pertama dan satu-satunya Syamsul Alam. Semua yang ingin Alam tulis mengenai Internet Marketing ada di sini. Hihihihi.... Terima kasih atas kunjungannya. Jika ingin berkenalan dengan alam lebih jauh, silahkan ke Personal Blognya saja. Di sini, nih....

  • Status Blog

    Internet Marketing & SEO (Link Building) - TOP.ORG

Pentingnya Toko Online Sebagai Media Promosi Bisnis Konvensional

Posted by alampintar pada Desember 3, 2008

Di jaman yang semakin berkembang ini, saya kira, semakin canggih pula cara-cara yang harus kita lakukan untuk membuat usaha kita tetap hidup. Toko Online adalah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mempromosikan produk atau jasa yang kita jual. Mempunyai toko online bukan berarti harus mejadi seorang internet marketer yang mengalokasikan waktunya 100% untuk toko online, melainkan hanya sebagai media promosi saja dan pengenalan nama. Tujuan utamanya adalah, agar kita tidak terkesan ketinggalan jaman gitu.

Banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang sekarang ini mempunyai situs sendiri. Meski jarang di-update, mempunyai tampilan yang sederhana, tidak menonjolkan sisi isi dari perusahaan itu, serta tak menjual apapun, keberadaan situs seperti itu tetaplah diperlukan. Begitu pula dengan usaha kita. Jika kita mempunyai usaha, baik itu usaha kecil dan menengah, keberadaan toko online bisa kita gunakan untuk pengenalan semata, bahkan, bisa kita manfaatkan sebagai media promosi yang luar biasa! Kita bisa membuat toko online kita itu juga bersifat menjual, sehingga jika ada orang yang iseng-iseng, ataupun benar-benar membutuhkan produk atau jasa kita, mereka bisa dengan mudah mengaksesnya dari internet!

Internet adalah suatu area maya, yang mempunyai luas tak terhingga, namun ‘sempit’. Meskipun penguna internet adalah seluruh orang di seluruh dunia (luas), tapi internet membuat jarak sama sekali tak berarti (sempit). Ini artinya, jenis usaha apapun, membutuhkan internet pada akhirnya. Karena, ada suatu masa di masa depan, dimana orang berpikir, “Daripada keluar dan mencari lewat koran atau majalah, kenapa aku tak mencari kebutuhanku akan barang ‘ini’ melalui internet?”

Bahkan banyak pakar perekonomian yang berani mengatakan bahwa, 15 tahun mendatang, seluruh usaha tanpa basis internet akan runtuh. Saya kira hal ini bagus adanya, karena hal-hal seperti inilah yang selama ini membuat manusia semakin maju dan semakin sejahtera. Yang harus menjadi perhatian kita saat ini adalah tentang bagaimana menjadi salah satu industri atau usaha yang tidak mengalami kejatuhan atau kebangkrutan di masa itu.

Okay, kita telah mengetahui bahwa ternyata internet tidak bisa kita anggap remeh. Sekarang, saya jadi ingin bertanya satu hal lagi kepada anda. Seandainya dengan internet, usaha anda bisa semakin maju, semakin dikenal, semakin dipercaya, dan semakin memuaskan pelanggan anda. Maukah anda melebarkan sayap untuk kemudian memasukkan ‘internet’ ke dalam daftar alat promosi anda? Jawabannya bisa beragam. Tapi, jika saya adalah anda, maka saya akan menjawab ‘iya!’

Saya adalah orang pintar, orang pintar tak melewatkan kesempatan yang ada. Seberapapun payahnya saya, seberapapun tak siapnya saya, jika kesempatan itu datang, mau tak mau saya harus mengambilnya atau saya akan menghilangkannya. Berbeda dengan guru yang datang ketika kita siap, kesempatan datang satu kali, kapanpun ia mau! Tak peduli, apakah anda sudah siap atau belum. Sebagai orang yang pintar, saya akan memilih untuk selalu siap sedia agar bisa mengambil kesempatan, kapanpun ia berada. Tapi, jika saya bodoh… saya kira, yang akan saya lakukan akan berbeda. Huehuehue….

Nah, sekarang kembali ke topik. Bisakah kita optimalkan kedua sisi, promosi secara offline dan online, tanpa mengorbankan salah satu sisi? Saya kira jawabannya adalah ‘IYA’ lagi…. Berbeda dengan promosi offline yang harus selalu kita amati, harus selalu kita tes dan ukur agar tak merugi, harus selalu kita perhatikan agar berada di tempat yang tepat. Promosi online memungkinkan kita untuk membawa target yang tepat ke tempat kita, bukannya sebaliknya. Hal ini bukan berarti bahwa promosi online adalah hal yang ‘ajaib’ sehingga bisa mendatangkan ratusan pembeli tiap hari, lho yah!

Promosi melalui internet juga membutuhkan usaha, tidak ada di dunia ini yang benar-benar instan dan gratis. Jika ada yang instan atau gratis, pastilah ada hal yang harus dibayar dibaliknya. Misalnya saja mi instan atau fast food, dibalik ke-instan-annya, ada harga yang harus dibayar berupa menurunnya kualitas kesehatan kita tatkala mengonsumsinya. Nah, tiap usaha pasti akan ada masa repotnya, bukan? Tetapi, bukankah kita bisa membayar orang untuk melakukan hal-hal dan bagian-bagian yang merepotkan? Bukankah kita bisa membayar orang untuk mengurus hal-hal yang bersifat online, sedangkan kita sendiri tetap fokus di bagian konvensionalnya?

Jika tak berani ambil resiko, kita bisa bekerja sama dengan orang lain yang menyediakan jasa promosi melalui internet untuk memakai sistem bagi hasil saja. Jadi, jika orang tersebut mampu menjual barang dengan perantara promosi online, maka ia mendapatkan komisi sekian persen dari keuntungan. Bagaimana, terdengar enak bagi kedua belah pihak, bukan?

Nah, untuk yang berminat mempromosikan barang atau jasanya melalui toko online, saya menawarkan diri sebagai tukang promosinya. Saya bisa membuatkan toko online untuk anda, saya tampilkan gambar produknya di halaman produk, sehingga kesannya seperti dipajang di etalase begitu, dan saya bisa otomatiskan penjualan anda, sehingga tiap orang yang berminat membeli, bisa tinggal meninggalkan nama, alamat, dan nomor yang bisa dihubungi, sedangkan anda tinggal mengirim barang atau jasanya ke pembeli. Mudah bukan?

Tapi, toko online yang baik, menyediakan customer care. Nah… saya juga bisa membuat toko online anda ‘hidup’. Saya bisa jadikan Short Messages Service sebagai sarana pelayanan anda, saya juga akan ikut bersumbangsih untuk memikirkan cara promosi yang tepat untuk produk atau jasa anda. Tiap ide yang saya keluarkan akan dengan persetujuan dari anda terlebih dahulu. Takkan ada tindakan saya yang tak anda ketahui. Saya akan memberikan anda daftar kegiatan yang telah saya lakukan satu hari ini untuk mempromosikan produk atau jasa anda. Saya akan mencoba untuk menjamin kepuasan anda bekerja bersama saya.

Tapi, itu jika anda tertarik bekerja sama dengan saya dan tak ingin menghabiskan waktu di kegiatan marketing secara online. Sementara, bagi yang masih punya cukup waktu untuk belajar, cukup tenaga untuk melakukan semuanya sendiri, saya bisa mengajarkan caranya kepada anda. Ikuti saja tutorial-tutorial di blog ini. Selama saya mampu, saya akan mencoba menjelaskannya kepada anda, deh! Huehuehue….

Nah, setelah promosi, sekarang kembali ke topik.

Mempromosikan barang melalui internet meliputi beberapa hal, diantaranya adalah:

  • Penguasaan Search Engine Result Position. Atau, seberapa bagus tempat kita di Search Engine.
  • Penguasaan keyword tertentu. Hal ini memungkinkan pengunjung sampai ke toko online kita dengan mengetikkan keyword tertentu. Baik keyword yang berhubungan dengan produk atau jasa yang kita jual, ataupun yang tidak berhubungan.
  • Penguasaan pasar tertentu. Motif tiap orang mengakses internet adalah berbeda. Mereka semua pada dasarnya adalah calon customer loyal kita, Semakin ahli diri kita membuat pasar yang tepat ke saran promosi kita, semakin cepat kita mendapatkan customer baru.
  • Pengingatan secara berulang terhadap produk atau jasa kita. Promosi secara online memungkinkan segalanya hampir berlangsung secara otomatis. Kita bisa memanfaatkan hal satu ini untuk membentuk brand awareness pada customer kita.
  • Coverage Area Promosi. Semakin luas jangkauan promosi kita, tentunya akan semakin tinggi kemungkinan kita ditemukan oleh orang lain.
  • Penguasaan Pre-Selling terhadap calon customer atau customer. Hal ini meliputi pelayanan, keramahan, dan kesigapan kita dalam melayani customer maupun calon customer.

Sebenarnya, saya kira masih banyak aspek yang bisa kita kembangkan dalam mempromosikan produk kita secara online. Mengingat keterbatasan saya, saya rasa saya hanya akan bisa menjelaskan beberapa hal di atas itu saja. Tentunya di postingan selanjutnya, okay! Hal yang terus perlu diingat dalam mempromosikan barang secara online adalah, harga relatif murah (jika dibandingkan promosi offline), lebih mudah dilakukan (tinggal klik-klik dan ketik-ketik, mungkin bisa sedikit lebih repot, tapi jika kita punya software yang sesuai, repotnya akan kembali tak ada), dan dalam jangka waktu dan area yang tak terbatas (siapapun di dunia, asal punya koneksi internet, berkesempatan untuk menjadi orang beruntung dengan membaca penawaran yang kita berikan). 😀

Jadi, demikianlah keuntungan yang bisa toko online berikan untuk usaha anda. Mari kita simpulkan, mulai dari tambahan pelanggan, pengenalan terhadap dunia yang lebih luas, gengsi atau prestise, dan banyak lagi…. Mengenai cara promosi yang saya tulis poin-poinnya diatas, tunggu, yah…. Saya akan coba jelaskan semampu saya. Tentunya di tulisan-tulisan mendatang. Jadi, stay tune!

5 Tanggapan to “Pentingnya Toko Online Sebagai Media Promosi Bisnis Konvensional”

  1. f[L]euR said

    Numpang lewat aja deh bos… 🙂

  2. eshape said

    Tuh sudah ada yang manggil bos
    berarti bentar lagi emang jadi bos beneran

    ada cerita tentang seorang anak yang menuliskan namanya dengan gelar di depannya
    meskipun ditertawain tetapi dia gak nyerah
    akhirnya setelah sekolah dia dapet juga gelar itu

    kekuatan tekad itu ya…!

    salam “bozz”

    • alampintar said

      huehuehue……. makasih mas eshape untuk doanya….. Itu kekuatan kuantum ikhlas juga mungkin. Saya juga punya banyak cerita inspirasional seperti itu. Semoga nantinya saya bisa jadi bahan cerita. Amien….. makasih untuk segalanya…..

  3. Krishna said

    Saya kagum n salut pada Alam, masih muda tapi penuh percaya diri dan kemampuan. Luar biasa. Saya tertarik dengan kolom ini, btw, untuk pembuatan toko on-line yang standard,kira-kira berapa biayanya? Ok, Alam, maju terus….!

    • alampintar said

      @Mas Krishna: Hihihihi…… padahal kolom ini, dah lumayan lama ga kubelai, ternyata masih ada yg mampir… huehuehuehu……
      Thx buat supportnya, klo mau rencana bikin toko online, nego aja dulu lewat email. Biar bisa sama-sama menyesuaikan.. huehuehuehu….. Inti dari kinerja saya adalah, anda tak suka kerja saya, saya tak kan kerja untuk anda.. wkwkwkwk….. <— gila mode ON.

Tinggalkan komentar