Internet Marketing Sukses ala Alam

Waktunya Alam untuk Berbagi

  • Mengenai Blog Ini….

    Blog ini adalah blog internet marketing pertama dan satu-satunya Syamsul Alam. Semua yang ingin Alam tulis mengenai Internet Marketing ada di sini. Hihihihi.... Terima kasih atas kunjungannya. Jika ingin berkenalan dengan alam lebih jauh, silahkan ke Personal Blognya saja. Di sini, nih....

  • Status Blog

    Internet Marketing & SEO (Link Building) - TOP.ORG

Tutorial Pembuatan Toko Online Gratis (1)

Posted by alampintar pada November 30, 2008

Membangun Toko Online adalah salah satu cara menjadi Internet Marketer. Toko Online membuat kita bisa membangun sebuah toko virtual, dimana kita bisa menampilkan tampilan produk kita di halaman produk, dan menjualnya. Toko Online juga membantu kita untuk meramaikan toko konvensional kita yang telah ada. Semisal kita punya usaha di bidang furniture, peralatan makan dan mandi, koleksi perhiasan, atau apapun, toko online bisa jadi senjata yang ampuh untuk menjual produk kita di dunia maya.

Pada tulisan saya kali ini, saya akan mencoba untuk menjelaskan step-by-step pembuatan toko online berbasis mesin wordpress. Dijamin toko anda akan terlihat sangat bagus dan canggih dengan plugins bawaan wordpress ini. 😀

Nah, Toko Online ini bisa kita bangun dengan sangat mudah. Kita bisa memanfaatkan script Joomla atau script-script lain yang beredar di luas di internet. Ada yang berbayar, namun ada juga yang gratis. Nah, kali ini, saya akan membahas mengenai pembuatan toko online, menggunakan plugins wordpress. E-commerce nama pluginsnya. Plugin ini mampu menciptakan sebuah toko online profesional, dari wordpress yang kita host sendiri. Blog seperti alampintar.wordpress.com ini, tak bisa menginstall plugins tersebut. Biaya pembuatannya pun gratis! Memang agak sedikit bikin bingung, apalagi bagi yang masih pertama kali berkenalan dengan dunia hosting, c-panel, file transfer, dan lain sebagainya. Jika anda mau saya pasangkan plugins ini di website anda, silahkan kontak saya. Harga saya untuk melakukan ini murah kok. Huehuehue… saya ‘kan juga masih baru, jadi belum bisa pasang tarif yang sesuai. Yang jelas, saya bisa diandalkan kok.

Nah, bagi yang ingin pasang sendiri dan sudah bisa mengatasi segala macam halangan yang mungkin bisa terjadi, silahkan ikuti tutorial dari saya, yah….

  1. Download Plug-in nya! Tentu saja, lah! Jika kita tidak download plug-in nya, gimana caranya bikin toko online ini? Huehuehue…. Link ke homepage di mana kita bisa download plug-in itu ada di sini.
  2. Ekstrak file yang baru saja anda download tadi. Disitu nanti, ada file dalam versi zip lagi. Itu adalah plugins yang sesungguhnya. Nah, bisa anda ekstrak lagi dan anda kirim ke web server dengan FileZilla client. Kalo mau download FileZilla-nya, silahkan mampir ke sini dulu.
  3. Upload ke Server! Upload lah folder ‘wp-shopping-cart’ yang tadi telah ter-ekstrak. Upload di folder ‘/wp-content/plugins/’. Sampai sini, jelas? Mungkin butuh beberapa waktu untuk meng-upload plug-in ini. Agak berat sih….
  4. Aktifkan Plugins! Kita bisa melakukannya dengan menuju halaman dashboard. Klik tab plugins di pojok paling kanan. Cari ‘wp-ecommerce’. Lalu, aktifkan!
  5. Atur Pengaturannya! Ini yang paling penting setelah selesai mengaktifkan plugins tersebut. Setelah kita menaktifkannya, akan ada tab baru. Namanya ‘E-Commerce’ silahkan ke sana dan atur setting nya sesuai dengan kebutuhan kamu. Mengenai pengaturan ini, akan saya jelaskan di postingan mendatang deh.

Gitu aja sih sebenarnya. Jika ada yang kurang jelas, silahkan hubungi saya saja. Atau mungkin bersedia meminjam jasa saya? Saya akan dengan senang hati melakukannya! Jika hasilnya jelek… saya bersedia membenahi. Tentunya, biaya pembenahannya gratis! Huehuehue…. Nantikan postingan selanjutnya untuk halaman pengaturan, okay!

2 Tanggapan to “Tutorial Pembuatan Toko Online Gratis (1)”

  1. Nice article , saya mengucapkan banyak – banyak terima kasih, bro

    • alampintar said

      Halah… terima kasih atas apaan sih?? Huehueheu….. saya kan memang sedang bagi-bagi. Jika merasa terbantu, ya syukur deh… berarti, satu lagi pahala untuk saya. hihihihi…….

Tinggalkan komentar