Internet Marketing Sukses ala Alam

Waktunya Alam untuk Berbagi

  • Mengenai Blog Ini….

    Blog ini adalah blog internet marketing pertama dan satu-satunya Syamsul Alam. Semua yang ingin Alam tulis mengenai Internet Marketing ada di sini. Hihihihi.... Terima kasih atas kunjungannya. Jika ingin berkenalan dengan alam lebih jauh, silahkan ke Personal Blognya saja. Di sini, nih....

  • Status Blog

    Internet Marketing & SEO (Link Building) - TOP.ORG

Menyelenggarakan Kontes | Cara Hebat Untuk Menjaring Trafik

Posted by alampintar pada Desember 17, 2008

Kontes, kontes, dan kontes…. Sepertinya, di penghujung tahun 2008 ini. Banyak sekali bertebaran-bertebaran website-website, baik baru maupun lama, yang menjajakan kontes untuk para bloggerblogger Indonesia. Bermacam-macam hadiah pun disiapkan. Dari hanya sekedar review, sampai domain dan hosting gratis yang mahal. Sepertinya, akan jadi hujan hadiah buat para blogger nih, akhir tahun 2008 ini.

Sebenarnya, apa sih guna mengadakan kontes itu? Kok mau, yah…. Buang-buang duit dan tenaga untuk para kontestan dan pemenang kontes nantinya. Eits, tunggu dulu! Kontes menguntungkan baik untuk kontestan, maupun untuk penyelenggara kontes, loh! Tapi, kok bisa?

Hehehe…. Kontes akhir tahun yang ada dan bertebaran di mana-mana ini, bukannya tanpa arti. Tiap penyelenggara sudah memperkirakan berapa lama seharusnya kontes dilangsungkan, tipe kontes apa yang diselenggarakan, link apa yang harus disisipkan untuk menyelenggarakan kontes, dan lain-lain. Sebenarnya, ada satu hal besar yang bisa kita dapatkan, jika kita mau menyediakan sedikit budget untuk menyelenggarakan kontes. Apakah itu? Hal itu adalah trafik dan linkback.

Kenapa Trafik dan linkback?

Kontes adalah suatu peristiwa dimana ada penyelenggara kontes yang menyelenggarakan kontes dengan format dan hadiah tertentu. Di setiap kontes, tentunya ada peserta kontes, bukan? Jika kontes yang diselenggarakan cukup besar, dengan hadiah yang tak bisa dibilang sedikit, dan syarat yang mudah, tentunya akan banyak kontestan yang tertarik untuk ikut bukan? Kedatangan para kontestan dan calon kontestan di sini, bisa kita jadikan sarana untuk menambah trafik kita. Meski bisa jadi trafik ini mungkin akan kembali seperti semula ketika kontes usai (trafik sementara).

Sementara, linkback. Tak sedikit penyelenggara kontes yang menyertakan syarat untuk menyisipkan link tertentu di blog atau web peserta kontes. Hal ini tentunya akan menambah jumlah linkback si penyelenggara kontes. Apalagi, jika hadiah yang ditawarkan begitu menggiurkan, promosinya tepat, waktu penyelenggaraan kontes masuk akal, dan syaratnya mudah. Kontestan yang ikut tentu akan membludak. Bisa jadi ratusan hingga ribuan kontestan yang ikutan. Jika peserta kontes benar-benar mencapai ratusan, atau bahkan ribuan, anda sudah tahu ‘kan apa yang akan terjadi pada blog anda? Yups! Page Rank yang meningkat drastis, Search Engine Result Position yang memuaskan, dan hal-hal lain yang tentunya berpengaruh pada popularitas web penyelenggara kontes.

Namun ujung-ujungnya, trafik lagi yang akan berpengaruh. Misal, jika kita menyediakan syarat pada peserta untuk memasang kata ‘Alam’ dan menyuruh mereka untuk me-link-kan kata ‘Alam’ tersebut dengan link http://alampintar.blogspot.com/ Tentunya ketika seseorang mengetikkan kata ‘alam’ di google, alampintar.blogspot.com akan mendapat SERP (Search Engine Result Position) yang cukup memuaskan bukan? Nah, hal ini bisa diterapkan dengan modifikasi tentunya. Sehingga, dengan kontes, kita bisa membuat web kita tampil di tempat bagus ketika seseorang mengetikkan kata kunci tertentu di google.

Dengan sedikit pembelajaran di atas, kita bisa simpulkan bahwa, kontes bisa kita manfaatkan untuk memperbaiki posisi kita di mata google. Dengan perbaikan ini, kemungkinan web kita untuk dikunjungi orang pun akan semakin tinggi, bukan? Jika kemungkinan untuk dikunjungi orang semakin tinggi, tentu saja keuntungan kita otomatis akan meningkat pesat juga (tentunya jika kita memonetisasi web atau blog kita). Jadi, jangan ragu untuk mengadakan kontes deh, selama caranya tepat, saya yakin, kontes bisa jadi ajang untuk meningkatkan penghasilan kita!

Yups, jadi saya kira demikian yang bisa kita manfaatkan dari menyelenggarakan kontes. Sebenarnya, akan ada tulisan mengenai cara penyelenggaraan kontes yang baik menurut saya, sehingga bisa menaikkan SERP dan Page Rank kita di mata Google. Jadi, stay tune dan tunggu kabar terbaru dari “Internet Marketing Sukses ala Alam”, yah!

7 Tanggapan to “Menyelenggarakan Kontes | Cara Hebat Untuk Menjaring Trafik”

  1. pakdejack said

    wah enaknya bikin kontes apaan ya??

  2. ilyas-san said

    memang kontes itu biar semua peserta dan pelaksana jadi tersohor….apalagi kontesnya yang berani-berani gitu lho…..:-)

  3. argajogja said

    Hoo ki mas.. aku juga bingung, piye to menaikan trafiq ku…

  4. Kontes? siapa takut….he3x..

  5. alampintar said

    @Aji: Aku juga ga takut kok… hehehehe…….

    @ArgaJogja: Hihihihi….. diatas kan dah kutulis salah satu caranya…..

    @Ilyas: Hihihihi…… bener bgt……

  6. boon_chiet said

    wah… berarti mesti cari2 modal nih dari sekarang

Tinggalkan komentar